Cara Menumbuhkan PD Dalam Hitungan Detik

Kata orang, percaya diri nggak di dapat dalam hitungan detik. Apalagi kalau orang yang bersangkutan sedang dalam kondisi yang sangat minder. Tapi terkadang, situasi yang mendadak hadir, menuntut kita mau nggak mau harus bersikap sebaik mungkin dalam menunjukkan percaya diri kita. So, kali ini kita akan coba sharing tentang beberapa tips yang dapat meningkatkan rasa percaya diri kamu secara cepat dalam hitungan detik :

1. Tersenyum

Tersenyum bisa beberapa detik membuat kamu lebih rileks, bahkan disaat- saat paling menegangkan sekalipun. Ini karena senyum punya hubungan erat dengan pikiran positif tentang keadaan yang akan kamu hadapi. Dan dengan tersenyum, bukan hanya akan menunjukkan ekspresi ceria di wajah, tapi juga melepaskan hormon endorphin yang membuat perasaan kita bisa lebih tenang, serta meningkatkan sirkulasi darah di wajah. Sehingga dengan tersenyum, kamu akan tampak lebih percaya diri dan siap menghadapi situasi seperti apapun. 

2. Kamu adalah bukan tentang standar orang Lain

Kadang orang lain memiliki penilaian yang berbeda- beda tentang diri kita. Dan sekeras apa pun kita mencoba, kita tidak pernah bisa memuaskan semua orang setiap saat. Jangan langsung sedih saat orang menilai kamu negatif. Sadari bahwa semua orang memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk diri kita dan mereka sendiri. Dari pada hanya menghabiskan waktu pada hal- hal yang tidak membangun, maka lebih baik kita memfokuskan diri untuk menjadi yang lebih baik dari hari ke hari. 

3. Koreksi diri 

Jika kamu telah mengalami sesuatu yang terjadi di luar dugaan, dan ternyata menggoyahkan rasa percaya diri kamu, maka cobalah untuk mereka ulang situasi itu dengan tetap optimis dan berpikir positif. Jangan lupa, di akhir cerita, koreksi diri juga harus tetap dilakukan, karena siapa tahu kedepannya nanti kamu akan mengalami situasi yang sama. Dan ketika hal itu terjadi, di harapkan kita bisa menanganinya dengan lebih baik. 

4. Bicaralah Perlahan

Ini adalah sebuah tips sederhana supaya kamu kelihatan lebih PD, yaitu dengan berbicara perlahan. kalau kamu ingin mengungkapkan suatu ide dengan berbicara terlalu cepat, maka nggak akan banyak kesempatan buat kamu untuk memikirkan apa yang akan kamu katakan selanjutnya. Memberi jeda saat bicara juga bisa membuat lawan bicara kamu merasa lebih nyaman dan membantu mereka mencerna apa yang kamu katakan. 

5. Rapikan penampilan. 

Memang, kecantikan fisik bukanlah segalanya. Namun fakta bahwa penampilan seseorang memainkan peranan penting dalam membangun rasa percaya diri, juga nggak bisa diabaikan.Kerapian yang kamu tunjukkan, paling tidak akan sedikit menggambarkan tentang jati diri kamu dihadapan orang lain. 

6. Ikut Ambil Bagian

Betapapun kamu nggak pede dengan kemampuan kamu, tapi tetap berusahalah untuk ikut ambil bagian di dalam kegiatan tersebut. Walaupun kamu merasa nggak banyak yang bisa kamu lakukan, atau kamu katakan, tapi tetaplah pikiran dan sumbangsih kamu sangat berharga bagi orang-orang di sekitar.Paling tidak kamu sudah mencoba kan? siapa tahu dengan sebuah memulai itu, kamu akan berproses menuju yang lebih baik. Insyaallah

7. Berdoalah selalu

Dengan berdoa, bisa membantu kita untuk mundur sesaat dari situasi yang serba cepat dan mencari bantuan dari Yang Maha Kuasa, Allah subhanahu wata’ala. Dengan konsep penyerahan diri setelah melakukan persiapan terbaik kita, itu akan lebih melegakan diri sehingga kamu akan lebih termotivasi untuk berhasil. 

(NayMa/voa-islam.com)Gambar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s